Minggu, 03 April 2011

Derby Milan: Inter lebih sering menang


Derby della Madonnina
Inter lebih sering memenangkan derby della Madonnina (Getty Images)
Sudah ratusan kali AC Milan dan Inter Milan bertemu di Serie A. Sejauh ini Inter masih memiliki catatan yang lebih baik dari sang rival sekota.

Dari catatan statistik, Inter dan Milan tercatat sudah bertemu sebanyak 175 kali, khusus untuk di Liga Italia saja. Dari ratusan pertemuan itu, 52 di antaranya berakhir imbang, yang mana artinya jumlah kemenangan yang muncul –yang diparuh untuk kedua tim– lebih banyak.
Nerazzurri boleh berbangga hati karena jumlah kemenangan mereka di Seri A lebih banyak. Inter 64 kali menundukkan Milan. Sementara, sebaliknya, Rossoneri baru 59 kali bisa mengalahkan Inter.
Namun, terakhir kali keduanya bertemu, Milan sukses mengalahkan Inter 1-0. La Beneamata kini tengah dalam posisi mengejar, tentu tidak mau kekalahan serupa terulang lagi. Hadiahnya sebuah kemenangan terlalu berharga kali ini: posisi puncak klasemen Serie A.
“Derby ini selalu menjadi pertandingan yang menarik, entah itu berkaitan dengan papan klasemen atau tidak, kami selalu bermain untuk memenanginya,” ucap Direktur Teknik Inter Marco Branca.
Catatan lainnya, Inter juga memenangi tiga pertandingan dalam lima pertemuan terakhir keduanya di Serie A. Kemenangan terakhir didapatkan Inter pada 24 Januari 2010, kala mereka menekuk Milan 2-0.
Laga Derby Milan juga pernah menghasilkan skor telak untuk pemenangnya. Inter tercatat pernah menang 5-0 pada 6 Februari 1910. Sementara, kemenangan terbesar terakhir mereka terjadi pada 29 Agustus 2009, waktu Il Biscione menang dengan skor 4-0.
Tapi Milan pernah menghantam Inter dengan skor 8-1 pada 3 Maret 1918. Hasil itu merupakan skor paling mencolok sepanjang sejarah derby. Terakhir kali Milan menang dengan skor telak adalah pada 11 Mei 2001, di mana mereka menang 6-0.
via Detiksport